Slider

Referensi Bacaan

kajian

Buletin

Informasi

Hikmah

Ibrah

Dokumentasi

» » Kitab Safinah; Rukun Iman

(Faslun) Pasal atau bagian pertama dari kitab ini yaitu terkait rukun iman yang enam. Beriman kepada Allah swt, malaikat, kitab - kitab, utusan atau Rasul, hari kiamat, dan qada-qadar (baik maupun buruk semua dari Allah).

Disini pemahaman awal ditegaskan bagaimana dan sejauh mana sebagai manusia mempercayai yang enam ini. Mungkin kita percaya dengan kelima rukun tersebut, tetapi di salah satunya masih ragu. Misal ragu dengan hari kiamat, atau qada-qadar.

Bahasan inilah yang dipelajari di awal. Sehingga orang yang akan belajar merasa tambah yakin dan betul-betul serius untuk mendalami dan memperbaharui keimanannya. Selesai dari bahasan rukun iman, pasal yang selanjutnya adalah bagaimana memaknai kalimat " Laa ilaaha illa Allah " tidak ada ilaah (sesembahan) selain Allah.

Setelah mempelajari rukun iman yang abstrak, kini diberikan pemahaman terkait ketuhanan yang lebih abstrak, maha dari segala maha. Tetap karena sudah dibahas tentang rukun iman di awal maka penyampaiannya akan lebih mudah diterima. Bagaimana mewujudkan Allah yang tidak berwujud, terutama dalam keseharian. " Beratnya bukan main.... "

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: